MENCEGAH STUNTING ITU PENTING

anak stuntingAkhir akhir ini banyak sekali media yang menyebutkan kata STUNTING.  Apa itu stunting? Menurut WHO, stunting merupakan suatu keadaan dimana tinggi badan anak yang terlalu rendah. Stunting atau terlalu pendek berdasarkan umur adalah tinggi badan yang berada di bawah minus dua standar deviasi (<-2SD) dari tabel status gizi  WHO child growth standard (WHO, 2012)

Kenapa sih mencegah stunting menjadi penting? Sebenarnya tidak penting tapi SANGAT PENTING. Hehe. Begini, ceritanya. Kalau seorang anak pendek dari yang seharusnya, artinya tulang tulangnya dia kan juga lebih pendek dari seharusnya. Nah, tidak hanya tulang tangan kaki saja tentunya tapi juga tulang tengkorak yang membentuk rongga kepala yang isinya adalah organ super duper vital bagi kecerdasan, yaitu otak. Kalau rongga tempat bersemayam otak terdiri dari tulang yang panjangnya tidak optimal, rongganya pastinya pun juga kecil. arinya…otak yang mengisi tengkorak itu volumenya tidak mungkin lebih besar dari tempatnya kan? Selain itu, kejadian anak yang pendek itu pasti diawali dengan kurus dulu (kecuali memang dia ada gangguan hormon pertumbuhan). Seorang anak yang gizinya tidak baik alias gizi buruk pasti tidak punya cukup bahan untuk bertumbuh. Jadi, stunting itu adalah akibat kekurangan gizi dalam waktu yang cukup lama. Sementara otak sendiri berkembang pesat sejak dalam kandungan sampai anak itu usia 2 (dua) tahun dan terus berkembang cepat sampai 5 (lima) tahun. Karena organ seorang anak yang paling pesat berkembangnya adalah otak,……maka otaklah yang pertama tama akan terimbas bila seorang anak kekurangan gizi. Masa sejak konsepsi (pembuahan) sampai seorang anak berumur 2 (dua) tahun itu dikenal dengan istilah seribu hari pertama kehidupan atau 1000 HPK.

Apa  sih efek nya bila anak Balita mengalami stunting? Jawabnya menyedihkan!!…. Pertama yang perlu dicatat adalah bahwa anak pasti akan ada gangguan pada otaknya. Akibat buruknya,…kemampuan belajarnya rendah…hasilnya bisa ditebak…prestasi pasti rendah. Ke depan masa depannya bagaimana coba? ….. Nah, efek selanjutnya karena madesu, kemumgkinan mendapat pekerjaan juga susah. Bila mendapat pekerjaan sangat besar kemungkinan pendapatnya juga tidak besar… Efek selanjutnya,…..karena stunting merupakan hasil dari kondisi kekurangan gizi yang lama maka sistem kekebalan tubuhnya kurang optimal. gampang sakit, pasti. Padahal kalau gampang sakit juga akan mengganggu penyerapan makanan. nah, anak gizinya makin buruk juga.  Bila dia diberi makanan tambahan yang berlebih, makanya hasilnya dia akan tinggi ke samping, arinya cenderung melebar… Fungsi organ dalam tubuh terganggu, bisa menderita penyakit degeneratif, misal kencing manis. Haduh, makin repot kan……

Nah,…..ayo dunk kita cegah stunting pada balita kita mulai dari sekarang. bagimana caranya? Ntar tunggu tulisan berikutnya ya.

Author: admin

suka berbagi info yang penting dan bermanfaat. Jadinya suka juga kalau banyak yang tahu pentingnya info penting....hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *