Ibu Hamil KEK

ibuhamil-kekApa itu ibu hamil KEK? Istilah ini banyak dipakai di kesehatan, terutama mereka yang dekat dengan program kesehatan ibu. KEK sendiri adalah satu singkatan dari Kekurangan Energi Kronis.  Kenapa istilah KEK muncul dan menjadi perhatian?

Kita tahu bahwa kehamilan adalah proses yang rumit sekaligus penting dan genting. di mana saat itu calon bayi sedang dibentuk. Semua organ penting dalam tubuh bertumbuh, berproses sedemikian rupa. Bila dalam proses perkembangan janin dalam kandungan tidak optimal, maka akan terjadi gangguan yang bisa menetap seumur hidup buah hati setelah lahir. Nah, Kekurangan Energi Kronis ini akan berdampak pada pertumbuhan janin dan juga kesehatan ibu hamil itu sendiri. Dari bayi yang lahir dengan berat badan rendah, sampai dengan kecacadan bahkan kematian bayi dan ibu sendiri. karena KEK biasanya juga disertai dengan kekurangan zat gizi lain yang snagat vital bagi ibu dan bayi.

Ibu hamil KEK adalah ibu hamil yang lingkar lengan atasnya kurang dari 23,5 cm. Dan disertai salah satu atau beberapa gejala sebagai berikut: Berat badan ibu sebelum hamil kurang dari 42 kg; tinggi badan ibu kurang dari 145 cm; berat badan ibu pada trimester 3 kurang dari 45 kg; indeks massa tubuh sebelum hamil kurang dari 17,00 ; ibu menderita anemia yang ditandai dengan kadar hemoglobin (hb) darah ibu kurang dari 11 gr%.

Selain itu juga dikenal istilah “Resiko KEK”, yaitu keadaan di mana remaja puteri/wanita mempunyai kecenderungan menderita KEK (Arismas, 2009)

Bagaimana agar KEK tidak terjadi? Hiduplah dengan pola makan dengan gizi seimbang. Penuhi kebutuhan zat-zat makanan. Remaja puteri wajib sadar kebutuhan gizinya. enggak hanya memikirkan body image yang kurus tinggi langsing tapi kurang gizi, hehe.. Ibu hamil harus mendapatkan makanan yang bergizi baik dan sehat. jangan terlalu berpantang, kecualai atas saran dokter atau tenaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *